oleh

KASDIM CILACAP PIMPIN PENYIAPAN MEDIA TAMAN CABAI

PB|Cilacap – Kepala Staf Kodim 0703/Cilacap, Mayor Inf. Raji terlibat langsung dalam penyiapan media tanam yang akan digunakan untuk menanam Cabai. Senin (16/01)

Dipimpin oleh Kasdim Cilacap tampak sejumlah anggota Kodim 0703/Cilacap memasukan tanah kedalam kantong polybag, tanah terlebih dahulu dicampur dengan pupuk kandang dan didiamkan selama beberapa hari.

Menurut Mayor Inf. Raji, tanah dicampur dengan pupuk kandang berupa kotoran ayam ini harus didiamkan selama beberapa hari agar media tanam tidak panas, sehingga pada saat ditanami pohon Cabai tidak layu.

Kotoran ayam mengandung unsur nitrogen, fosfor, kalium serta bakteri sehingga harus di komposkan dulu sebelum digunakan, kotoran ayam juga berfungsi meningkatkan daya menahan air sehingga kemampuan tanah untuk menyediakan air menjadi lebih banyak.

Selain itu kotoran juga berfungsi Menurunkan permeabilitas pada tanah bertekstur kasar, memperbaiki kehidupan biologi tanah (baik hewan ting­kat tinggi maupun tingkat rendah) menjadi lebih baik karena ketersediaan makan lebih terjamin, meningkatkan daya sangga (buffering capasity) terhadap goncangan perubahan drastis sifat tanah, mengandung mikrobia dalam jumlah cukup yang berperanan dalam proses dekomposisi bahan organik. (Elthree.Pdmclp)

Bagikan

Baca Juga