oleh

LANAL TEGAL GELAR UPACARA HARI DHARMA SAMUDERA TAHUN 2017

PB|Tegal – Komandan Pangkalan Angkatan Laut Tegal Letkol Mar SB. Manurung, menjadi inspektur upacara pada peringatan hari Dharma Samudera tahun 2017 yang dilaksanakan di lapangan apel Mako Lanal Tegal jln. Proklamasi no.1 kota Tegal, kemarin.

Upacara di ikuti seluruh anggoata Lanal Tegal, PNS lanal tegal dan unsur maritim. Hadir dalam acara tersebut ketua cabang 7 korcab V DJAT beserta pengurus. Bertindak sebagai komandan upacara Kapten Laut (P) Joseeph Maryanto  pasprogar Lanal Tegal sedangkan perwira upacara dipercayakan kepada Pasminlog Lanal Tegal Kapten Laut(P) TB. Teguh Santoso.

Acara peringatan hari Dharma Samudera ini di ikuti oleh 150 personel gabungan dari berbagai unsur kemaritiman.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. dalam amanatnya yang dibacakan Danlanal Tegal menyatakan bahwa para Pahlawan Laut Aru telah memberikan teladan sejati kepada kita, yakni sikap kesatria dan rela berkorban. mereka telah membuktikan bahwa bangsa Indonesia tidak pernah gentar menghadapi musuh dalam upaya mempertahankan wilayah dan kedaulatan negara kesatuan republik indonesia.

Sikap kesatria dan rela berkoran tersebut merupakan cerminan dari kedisiplinan, hierarki dan kehormatan militer yang selalu terjaga meskipun dalam kondisi kritis sekalipun. Oleh karenanya, sebagai generasi penerus bangsa dan sebagai prajurit matra laut pengawal samudera, sikap kesatria dan suri tauladan yang ditunjukkan oleh pendahulu kita harus diwarisi dengan sepenuh hati.

Melalui upacara peringatan hari Dharma Samudera ini, diharapkan rasa hormat dan penghargaan kita semua atas jasa dan pengorbanan para pahlawan samudera dapat terpelihara. Di samping itu, peringatan ini hendaknya dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan kembali tekad dan semangat kita agar tetap tegar dan pantang menyerah dalam menghadapi berbagai tantangan, sekaligus dalam memantapkan nilai-nilai disiplin, hierarki, dan kehormatan militer yang merupakan identitas diri prajurit matra laut.

Sebagai komponen utama pertahanan negara di laut, TNI Angkatan Laut mempunyai tanggung jawab untuk menjamin kepentingan negara di laut dan menjaga kedaulatan negara kesatuan republik indonesia. oleh karenanya, TNI Angkatan Laut membutuhkan sumber daya manusia yang berkualitas. nilai-nilai perjuangan TNI Angkatan Laut yang telah diwariskan oleh para pendahulu seperti sikap kesatria dan berintegritas tinggi, bekerja tanpa pamrih, serta lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok, dapat kita jadikan sebagai contoh dalam meningkatkan kualitas prajurit dengan karakter yang tangguh dan berintegritas.

Melalui peringatan hari Dharma  Samudera ini, diharapkan kepada kita semua untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta Trisila TNI Angkatan Laut yang telah diwariskan oleh para pendahulu kita, sebagai kontribusi positif  dan karya nyata dari segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.(dispenlantamal v|ra)

Bagikan

Baca Juga